Pengertian Health Belief Model dan Dimensi-dimensi HBM Menurut Para Ahli

Pengertian Health Belief Model dan Dimensi-dimensi HBM Menurut Para Ahli -  Kiranya hal yang trend saat ini adalah informasi mengenai Corona ya virus yang dalam beberapa bulan terakhir telah banyak memakan korban jiwa. Lalu apa hubungannya dengan pembahasan universitaspsikologi.com pada tulisan kali ini? Health Belief Model adalah sebuah kerangka dalam kemampuan kognitif dalam melihat suatu permasalahan dengan dasar psikologi. Untuk Lebih jelasnya mari kita bahas bersama variabel yang dikenal dengan sebutan HBM ini.

Pengertian Health Belief Model (HBM)

Health belief model merupakan model kognitif, yang berarti bahwa khususnya proses kognitif, yang dipengaruhi oleh informasi dari lingkungan, termasuk hitungan. Menurut Health belief model, kemampuan individu akan melakukan tindakan pencegahan tergantung secara langsung pada hasil dari dua keyakinan atau penilaian kesehatan (health belief) yaitu: ancaman yang dirasakan dari sakit atau luka (perceived threanat injury illness) dan pertimbangan tentang keuntungan dan kerugian (benefit and costs) (Smet dalam Rizoi, 2018).

Menurut Rizoi (2018) health belief model adalah model yang spesifikasikan bagaimana individu secara kognitif menunjukan perilaku sehat maupun usaha untuk menuju sehat atau penyembuhan suatu penyakit. Menurut Sarafino (dalam Rahmah & Masnaeni, 2018) health belief model merupakan salah satu model kognitif yang digunakan untuk mengetahui perilaku kesehatan. Health belief model yakni merujuk pada penelitian subjektif pasien berkenan dengan kerentaan dirinya terhadap penyakit, tingkat keseriusan penyakit, keuntungan serta kerugian yang dipersepsikan individu dalam menjalankan perilaku sehat (Rosestock, dalam Nadianti & Munawaroh, 2014). Health belief model adalah model kepercayaan kesehatan individu dalam menentukan sikap melakukan atau tidak melakukan perilaku kesehatan (Conner dalam Fanani, 2014).
Pengertian Health Belief Model dan Dimensi-dimensi HBM Menurut Para Ahli
Health Belief Model (HBM)
Baca juga: Pengertian dari Burn Out
Menurut Notoadmojo (2012) health belief model merupakan suatu bentuk penjabaran dari sosio-psikologi. Model ini diciptakan karena adanya masalah-masalah kesehatan yang dapat dilihat dari kegagalan masyarakat atau individu dalam menerima usaha pencegahan dan penyembuhan penyakit yang diselenggarakan oleh provider kesehatan.

Berdasarkan uraian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa health belief model merupakan model yang menspesifikasikan bagaimana individu secara kognitif menuju sehat atau penyembuhan suatu penyakit.

Dimensi Health Belief Model

Menurut Bulgar, White & Robinson  (dalam Rizoi, 2018) health belief model terdapat empat dimensi yang menggambarkan bagaimana keyakinan individu terhadap suatu perilaku sehat. Dimensi-dimensi tersebut antara lain:

1) Perceived Susceptibility (kerentanan yang dirasakan)

Perceived susceptibility adalah keyakinan individu mengenai kerentanan dirinya atas resiko penyakit dalam mendorong orang untuk mengadopsi perilaku yang lebih sehat. Semakin besar resiko yang dirasakan, semakin besar kemungkinan individu terlibat dalam perilaku untuk megurangi resikonya. Sangat logis bila seseorang berada dalam resiko penyakit, mereka akan cenderung melakukan sesuatu untuk mencegahnya, sebaliknya juga jika orang percaya mereka tidak beresiko atau memiliki anggapan rendahnya resiko kerentanan, perilaku tidak sehat cenderung terjadi. Bila perceived susceptibility dikombinasikan dengan keseriusan akan menghasilkan ancaman yang dirasakan. Jika presepsi ancaman adalah penyakit serius, untuk itu ada resiko yang nyata tingkah laku sering berubah.

2) Perceived Severity (bahaya atau kesakitan yang dirasakan)

Perceived severity adalah keyakinan individu akan keparahan suatu penyakit. Sedangkan presepsi keparahan terhadap penyakit sering didasarkan pada informasi atau pengetahuan pengobatan, atau berasal dari keprcayaan terhadap orang yang mempunyai kesuiltan tetang penyakit yang diderita atau dampak dari penyakit terhadap kehidupannya.

3) Perceived Barriers (hambatan yang dirasakan)

Perceived barriers adalah aspek negative pada diri individu yang menghalangi individu untuk berperilaku sehat. Karena perubahan bukanlah sesuatu yang mudah terjadi, konstruk dari HBM menangi masalah ini adalah hambatan yang dirasakan untuk berubah. Hal tersebut dimiliki oleh individu sendiri mengevaluasi hambatan dalam cara individu dalam mengadopsi sebuah perilaku baru dari sebuah konstruksi, hambatan yang dirasakan adalah hal yang paling dirasakan adalah hal yang paling signifikan dalam menentukan perubahan perilaku. Agar perilaku baru dilakukan, seseorang membutuhkan kepercayaan akan manfaat dari perilaku baru lebih besar daripada melanjutkan perilaku lama. Hal ini memungkinakan adanya penghalang untuk mengatasi hambatan dalam menentukan perilaku baru yang harus dilakukan.

4) Perceived Benefit 

Perceived benefit adalah keyakinan akan manfaat yang dirasakan pada diri individu jika melakukan perilaku sehat. Konstruksi dari manfaat yang dirasakan adalah pendapat seseorang tentang kegunaan suatu perilaku baru dalam menurunkan beresiko terkena penyakit. Individu cenderung lebih sehat saat mereka percaya perilaku baru akan menurun kemungkinan mereka terserang penyakit. Manfaat yang dirasakn memainkan peran penting dalam menentukan perillaku untuk pencegahan sekunder.

5) Self Efficacy

Self efficacy ditambahkan ke empat kepercayaan semula dari HBM (Rosenstock, Strecher & Becker dalam Rizoi 2018). Self efficacy adalah kepercayaan pada diri sendiri kemampuan untuk melakukan sesuatu. Orang umumnya melakukannya tidak mencoba melakukan sesuatu yang baru kecuali mereka berpikir bisa melakukannya. Jika seseorang percaya suatu perilaku baru itu bermanfaat (perceived benefit), tapi tidak berpikir dia mampu melakukannya (perceived barrier), kemungkinan itu tidak akan di coba.

Sekian artikel Universitas Psikologi tentang Pengertian Health Belief Model dan Dimensi-dimensi HBM Menurut Para Ahli. Semoga bermanfaat.
Universitas Psikologi
Universitas Psikologi Media belajar ilmu psikologi terlengkap yang berisi kumpulan artikel dan tips psikologi terbaru hanya di universitaspsikologi.com | Mari kita belajar psikologi dengan cara yang menyenangkan.

Tidak ada komentar untuk "Pengertian Health Belief Model dan Dimensi-dimensi HBM Menurut Para Ahli"

Berlangganan via Email