Disertasi Psikologi

Halaman disertasi psikologi ini merupakan kumpulan disertasi-disertasi psikologi yang sudah pernah disidangkan dan diterbitkan. Disertasi secara umum adalah paparan diskusi yang menyertai sebuah pendapat atau argumen. Pendapat atau argumen itu sendiri disebut sebagai tesis. Umumnya, istilah disertasi dan tesis dipakai untuk mengacu pemaparan diskusi yang bersifat skolar atau akademis. Beberapa perguruan tinggi menggunakan istilah disertasi spesifik untuk tesis akademik dalam jenjang doktoral

Sebagai contoh, sebuah disertasi merupakan karya tulis ilmiah resmi akhir seorang mahasiswa dalam menyelesaikan program S3 ilmu pendidikan. Disertasi tersebut merupakan bukti kemampuan yang bersangkutan dalam melakukan penelitian yang berhubungan dengan penemuan baru dalam salah satu disiplin ilmu pendidikan.

Disertasi juga karya tulis akademik hasil penelitian mendalam yang dilakukan secara mandiri dan berisi sumbangan baru bagi perkembangan ilmu pengetahuan atau penemuan jawaban baru bagi masalah-masalah yang sementara telah diketahui jawabannya atau mengajukan pertanyaan-pertanyaan baru terhadap hal-hal yang dipandang telah mapan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang dilakukan oleh Calon Doktor di bawah pengawasan para pembimbingnya.

Penelitian untuk disertasi dibahas dengan pembimbing sejak awal dan dilaksanakan setelah lulus ujian komprehensif dan mendapat persetujuan Tim Penilai Usulan Disertasi. Setiap enam bulan sekali, Calon Doktor diwajibkan melaporkan secara tertulis tentang kemajuan penelitian yang disahkan oleh Tim Promotor, kepada Pengelola Program Doktor Ilmu Kedokteran & Kesehatan, dan Direktur Pendidikan dan Pengajaran. Sebaiknya hasil penelitian dapat diseminarkan secara berkala.

Disertasi juga merupakan karya tulis ilmiah resmi akhir seorang mahasiswa dalam menyelesaikan Program S3 ilmu pendidikan. Disertasi merupakan bukti kemampuan yang bersangkutan dalam melakukan penelitian yang berhubungan dengan penemuan baru dalam salah satu disiplin Ilmu Pendidikan. Disertasi mempunyai karakteristik sebagai berikut:
  • Berfokus pada kajian mengenai salah satu disiplin Ilmu Pendidikan sesuai dengan bidang yang dipelajari.
  • Kajian berfokus pada penemuan baru dalam disiplin ilmu yang dikaji secara mendalam.
  • Mengunakan data primer sebagai data utama, ditunjang oleh data sekunder apabila diperlukan.
  • Ditulis dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar, kecuali untuk program studi bahasa asing. 
Jadi halaman disertasi psikologi ini masih dalam tahap revisi dan pengumpulan bahan. Silakan pantau terus Universitas Psikologi agar tahu informasi terbarunya.