Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teori Disiplin Belajar dan Hal-hal yang Mempengaruhi Disiplin Belajar

Teori Disiplin Belajar dan Hal-hal yang Mempengaruhi Disiplin Belajar - Belajar merupakan kewajiban setiap manusia yang hidup. Dari belajar banyak hal-hal yang bisa dibuat dan diciptakan oleh manusia. Seseorang yang mau belajar dan konsisten terhadap tujuannya akan bisa mewjudukan keinginannya. Lalu apa saja yang membuat seseorang bisa menjadi disiplin dalam belajar dan tidak terpengaruhi oleh hal lain. Berikut ini universitaspsikologi.com telah merangkumnya, silahkan disimak tulisan di bawah ini.
Teori Disiplin Belajar dan Hal-hal yang Mempengaruhi Disiplin Belajar
Disiplin Belajar
Baca juga: Teori Social Loafing Menurut Para Ahli

Pengertian Disiplin Belajar 

Disiplin  menurut Komensky (dalam Indriati dkk, 2017) merupakan proses pengajaran, pelatihan, seni mendidik, dan materi kedisiplinan dalam sekolah. Menurut Farida (dalam Indriati dkk, 2017) disiplin merupakan tindakan prosedur yang telah ditetapkan.  Disiplin menurut Poerwodarminto (dalam Sumantri, 2010) menyebutkan bahwa “disiplin adalah ketaatan peraturan dan tata tertib”. Arikunto (dalam Sumantri, 2010) disiplin adalah kepatuhan seseorang dalam mematuhi peraturan atau tata tertib karena didorong oleh adanya kesadaran yang ada pada hatinya.

Disiplin belajar menurut Rusyan (dalam Sukmanasa, 2016) penunjang terhadap keberhasilan belajar siswa. Disiplin mengarahkan kegiatan secara teratur, tertib, dan rapi sebab keteraturan ikut menentukan keberhasilan dalam mencapai tujuan belajar. Sedangkan menurut Prijodarminto (dalam Sukmanasa, 2016) disiplin belajar adalah sebuah kondisi yang tercipta dan terbentuk melalui proses belajar siswa dari serangkaian perilaku yang menunjukkan nilai-nilai ketaatan, kepatuhan, kesetiaan, keteraturan, dan atau ketertiban. Sikap dan perilaku yang demikian tercipta melalui proses binaan keluarga, pendidikan dan pengalaman. Selain itu menurut Hadis dan Nurhayati (dalam Sukmanasa, 2016) berpendapat bahwa disiplin belajar dengan pendekatan pengubahan perilaku yang perlu dilakukan oleh para guru di kelas ialah bagaimana mengubah perilaku siswa yang tidak disiplin menjadi disiplin di kelas.

Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan disiplin belajar adalah suatu bentuk kepatuhan seseorang dalam mematuhi aturan atas dasar kesadaran diri untuk mengubah suatu perilaku untuk menunjang proses pembelajaran yang lebih baik.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Disiplin Belajar 

Kedisiplinan sangat penting dilakukan untuk membentuk kebiasaan yang teratur maupun ketertiban di manapun berada. Begitu pula seorang siswa, sangat penting untuk berkedisiplinan baik di sekolah belajar di rumah, mengerjakan tugas, mematuhi tata tertib yang ada dan sebagainya sehingga dengan adanya kedisiplinan maka siswa dapat tertib di manapun. Kedisiplinan berperan penting dalam membentuk individu yang berciri keunggulan.

Menurut tulus Tu’u (2008) kedisiplinan sangat penting karena alasan berikut ini:

a. Dengan kedisiplinan yang muncul karena kesadaran diri sendiri, siswa berhasil dalam belajarnya. Sebaliknya siswa yang kerap kali melanggar ketentuan sekolah pada umumnya terhambat optimalisasi potensi dan prestasinya.

b. Tanpa kedisiplinan, suasana di sekolah dan juga kelas menjadi kurang kondusif bagi kegiatan pembelajaran. Secara positif kedisiplinan memberi dukungan yang tenang dan tertib bagi proses pembelajaran.

c. Orang tua senantiasa berharap di sekolah anak-anak dibiasakan dengan demikian anak-anak menjadi individu yang tertib, teratur, dan berdisiplin.

d. Displin merupakan jalan bagi siswa untuk sukses dalam belajar dan kelak ketika bekerja.

Menurut Unaradjan (dalam Yuliantika, 2017) menyebutkan disiplin dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal.

a. Faktor Internal 

Faktor internal merupakan faktor-faktor yang berasal dari diri siswa sendiri dan dapat mempengaruhi disiplin belajarnya. Dalam hal ini faktor internal di bagi menjadi dua yaitu keadaan fisik dan psikis yang mempengaruhi pembentukan disiplin diri.

b. Faktor Eksternal  

Faktor eksternal yaitu faktor yang berasal dari lingkungan luar dan dapat mempengaruhi disiplin belajar siswa. Faktor eksternal tersebut meliputi kebiasaan keluarga, penataan tata tertib sekolah, dan kondisi masyarakat.

Indikator Disiplin Belajar 

Menurut Arikunto (dalam Fajaryanti, 2016) dalam penelitiannya mengenai kedisiplinan, indikator kedisiplinan dibagi menjadi 3 yaitu; 1) perilaku kedisiplinan dalam kelas  2) perilaku kedisiplinan di luar kelas  3) perilaku kedisiplinan di rumah.

Sekian artikel Universitas Psikologi tentang Teori Disiplin Belajar dan Hal-hal yang Mempengaruhi Disiplin Belajar. Semoga bermanfaat.

Daftar Pustaka

  • Fajaryanti. 2016 .Hubungan Kedisiplinan Dengan Prestasi Belajar Siswa Di Smp Maria Immaculata Yogyakarta. Fakultas Sanata Dharma Yogyakarta. 
  • Indriati, dkk. 2017. Pengaruh Motivasi dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Prakarya dan Kewiraysahaan. Jurnal Pendidikan Ekonomi, vol. 11 no. 2 
  • Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta 
  • Sukmanasa. 2016. Hubungan Antara Disiplin Belajar dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 
  • Universitas Psikologi: https://www.universitaspsikologi.com/2019/12/teori-disiplin-belajar.html
  • Sumantri. 2010. Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa kelas XI SMK PGRI 4 Ngawi Tahun Pelajaran 2009/2010. Vol.6 no.3 
  • Tu’u. 2008. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo 
  • Yuliantika. 2017. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Disiplin Belajar Siswa Kelas X, XI, dan XII di SMA Bhakti Yasa Singa raja Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi. Vol. 9 No. 1
Universitas Psikologi
Universitas Psikologi Media belajar ilmu psikologi terlengkap yang berisi kumpulan artikel dan tips psikologi terbaru hanya di universitaspsikologi.com | Mari kita belajar psikologi dengan cara yang menyenangkan.

Posting Komentar untuk "Teori Disiplin Belajar dan Hal-hal yang Mempengaruhi Disiplin Belajar"

Berlangganan via Email