Pengertian dan Dimensi Job Characteristic atau Karakteristik Pekerjaan Menurut Para Ahli


Pengertian dan Dimensi Job Characteristic atau Karakteristik Pekerjaan Menurut Para Ahli - Perusahaan memiliki struktur organisasi dan setiap bidangnya memiliki tugas dan amanah yang harus dikerjakan. Dalam setiap tugas perusahaan yang diberikan bagi karyawannya memiliki suatu ciri tertentu. Inilah yang dinamakan dengan karakteristik pekerjaan atau dengan nama lain yaitu job characteristic. Tujuan dari adanya variabel pekerjaan ini banyak sekali mulai dari motivasi, produktivitas, umpan balik, dan lainnya bagi karyawan dan perusahaan.

Pengertian Job Characteristic

Dalam Chaplin (2011) characteristic adalah sifat yang khas. Karakteristik pekerjaan merupakan dasar bagi produktivitas organisasi dan kepuasan kerja karyawan yang memainkan peranan penting dalam kesuksesan dan kelangsungan hidup organisasi. Dalam kondisi persaingan yang semakin meningkat, pekerjaan yang dirancang dengan baik akan mampu menarik dan mempertahankan tenaga kerja dan memberikan motivasi untuk menghasilkan produk dan jasa yang berkualitas Nabilla (2015).
Pengertian dan Dimensi Job Characteristic atau Karakteristik Pekerjaan Menurut Para Ahli
Job Characteristic/Karakteristik Pekerjaan
Baca juga: Pengertian dan Dimensi Problem Focused Coping
Agung Panudju (dalam Nabilla, 2015), karakteristik pekerjaan menunjukkan seberapa besar pengambilan keputusan yang dibuat oleh karyawan kepada pekerjaannya, dan seberapa banyak tugas yang harus dirampungkan oleh karyawan. Karakteristik pekerjaan adalah sebuah pendekatan dalam merancang pekerjaan yang menunjukkan bagaimana pekerjaan dideskripsikan ke dalam lima dimensi inti yaitu keanekaragaman keterampilan, identitas tugas, arti tugas, otonomi dan umpan balik Hackman dan Oldham dalam Robbins (2007).

Berdasarkan pengertian di atas, maka dapat disimpulkan Job characteristic adalah suatu kondisi pekerjaan yang dapat menentukan kesesuaian seseorang dengan suatu bidang pekerjaan tertentu yang terdiri dari variasi keterampilan yang dibutuhkan, prosedur dan kejelasan tugas, tingkat kepentingan, kewenangan dan tanggung jawab serta umpan balik dari tugas yang dilaksanakan.

Dimensi Job Characteristic

Menurut Hackman dan Oldham dalam Robbins (2007)  dalam setiap pekerjaan setidaknya harus memiliki lima dimensi dari sebuah pekerjaan yaitu:

a. Skill Variety

Dideskripsikan sebagai suatu tingkatan dimana pekerjaan menuntut karyawan untuk melakukan suatu kegiatan yang menantang keterampilan dan kemampuan mereka. Hal ini meliputi penggunaan sejumlah keterampilan dan kemampuan yang berbeda. Beberapa studi menyatakan bahwa skill variety adalah salah satu prediktor terbaik dari kepuasan kerja dan komitmen organisasi lebih besar terhadap orang-orang yang memiliki berbagai keterampilan kerja.

b. Task Identity

Suatu tingkatan dimana karyawan mengenal dan dapat menyelesaikan tugasnya secara menyeluruh dari awal sampai akhir dengan hasil yang terlihat walaupun pada pekerjaan kelompok dan dapat di identifikasikan. Hal ini akan lebih berarti bagi karyawan karena mereka menganggap bahwa pekerjaan tersebut penting dan merasa bangga akan hasil yang didapatkannya.

c. Task Significance

Suatu tingkat dimana pekerjaan tersebut memiliki pengaruh yang penting pada kehidupan atau pekerjaan orang lain, baik di dalam organisasi ataupun lingkungan luar. Studi empiris menyebutkan bahwa task significance berhubungan positif dengan kepuasan kerja dan komitmen terhadap organisasi.

d. Autonomy

Kebebasan untuk mengendalikan sendiri pelaksanaan tugasnya berdasarkan uraian dan spesifikasi pekerjaan yang dibebankan kepadanya, dengan indikator kebebasan dalam merencanakan pekerjaan dan kebebasan dalam melaksanakan tugas.

e. Feedback

Informasi atau tanggapan mengenai hasil pelaksanaan kerja karyawan, dengan indikator penerima informasi tentang keberhasilan yang telah dicapai dan penerimaan informasi tentang kesesuaian pelaksanaan kerja dengan keinginan atasan.

Berdasarkan penjelasan masing-masing dimensi di atas, maka munculnya Job characteristic pada karyawan karena hasil dari suatu pekerjaan yang dirancang dengan menggabungkan lima dimensi pekerjaan pokok, yaitu skill variety, task identity, task significance, autonomy dan feedback.

Sekian artikel Universitas Psikologi tentang Pengertian dan Dimensi Job Characteristic atau Karakteristik Pekerjaan Menurut Para Ahli. Semoga bermanfaat.

Daftar Pustaka

  • Chaplin, 2011. Kamus lengkap psikologi. Jakarta : Rajawali Pers.
  • Nabilla. 2015. “ pengaruh karakteristik pekerjaan dan konflik peran ganda terhadap kepuasan kerja”. Skripsi. Universitas lampung.
  • Robbins dan Judge. 2007. Perilaku Organisasi, Jakarta : Salemba Empat

Berlangganan artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian dan Dimensi Job Characteristic atau Karakteristik Pekerjaan Menurut Para Ahli"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel