(Ringkasan) Hubungan Antara Lingkungan Kerja dengan Motivasi Kerja


(Ringkasan) Hubungan Antara Lingkungan Kerja dengan Motivasi Kerja - Organisasi mempunyai rodanya sendiri dalam menjalankan keberlangsungannya. Banyak variabel yang dapat mempengaruhinya diantaranya bisa lingkungan kerja dan motivasi kerja. Tulisan kali ini akan melihat seperti apa hubungan yang dimiliki antara lingkungan kerja dengan motivasi kerja.

Organisasi sangat bergantung pada lingkungan kerja dimana tempat organisasi tersebut berproses. Misalnya organisasi nelayan berada dilingkungan sekitar pesisir, yang membuat nelayan tersebut dapat melakukan kerjanya sebagai penangkap ikan. Lalu dengan motivasi kerja diharapkan nelayan mampu bekerja sepenuh hati untuk melakukan pekerjaannya dengan sungguh-sungguh. Untuk lebih lanjutnya berikut universitaspsikologi.com telah meringkasnya.
(Ringkasan) Hubungan Antara Lingkungan Kerja dengan Motivasi Kerja
Lingkungan Kerja dengan Motivasi Kerja
Baca juga: Pengertian dan Gejala Stres Kerja

Lingkungan Kerja dengan Motivasi Kerja

Menurut Sedarmayanti (2011), lingkungan kerja merupakan keseluruhan alat perkakas dan bahan yang dihadapi, lingkungan sekitarnya dimana seseorang bekerja, metode kerjanya, serta pengaturan kerjanya baik sebagai perseorangan maupun sebagai kelompok. Sedarmayanti (2011), mengatakan bahwa lingkungan kerja terbagi atas:

1. Lingkungan kerja fisik, yaitu semua keadaan fisik yang terdapat di sekitar tempat kerja dimana dapat mempengaruhi karyawan baik secara langsung maupun tidak langsung. Lingkungan  kerja  fisik  dapat  dibagi dalam dua kategori, yaitu lingkungan yang berhubungan langsung dengan karyawan dan lingkungan perantara atau lingkungan umum dimana lingkungan kerja ini mempengaruhi kondisi manusia. Sedarmayanti (2011) juga mengemukakan beberapa indikator terkait lingkungan kerja fisik, antara lain penerangan, keadaan udara, kebisingan, pewarnaan, dan keamanan.

2. Lingkungan kerja non fisik segala keadaan yang terjadi yang berkaitan dengan hubungan kerja. Yang dimaksud adalah adanya hubungan yang baik dengan atasan dan hubungan yang baik dengan sesama rekan kerja. Dalam lingkungan kerja non fisik diharapkan adanya hubungan yang harmonis dengan rekan kerja dan tidak adanya perselisihan diantara sesama rekan sekerja.

Menurut Samsudin (dalam Rezita, 2012) motivasi adalah proses mempengaruhi atau mendorong dari luar terhadap seseorang atau kelompok agar mereka mau melaksanakan sesuatu yang telah ditetapkan. Menurut Nawawi (dalam Rezita, 2012) motivasi merupakan suatu kondisi yang mendorong atau menjadi penyebab seseorang untuk melakukan suatu perbuatan atau kegiatan yang berlangsung secara sadar.

Menurut Sutrisno (2011), lingkungan kerja fisik yang baik dan bersih akan memotivasi karyawan untuk melakukan pekerjaannya dengan baik. Namun lingkungan kerja yang buruk dan kotor akan menimbulkan cepat lelah dan menurunkan kreativitas. Hal ini di dukung oleh Sunyoto (dalam Farlen, 2011) yang menyatakan bahwa dengan memperhatikan lingkungan kerja fisik atau menciptakan kondisi kerja yang mampu memberikan motivasi untuk bekerja, maka akan membawa pengaruh terhadap kegairahan atau semangat karyawan untuk bekerja. Dari pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa dengan adanya lingkungan kerja fisik yang nyaman dan kondusif akan dapat membuat karyawan untuk lebih semangat dalam bekerja.

Menurut  Sedarmayanti  (2011),  lingkungan kerja non fisik adalah segala keadaan yang terjadi yang berkaitan dengan hubungan kerja. Yang dimaksud adalah adanya hubungan yang baik dengan atasan dan hubungan yang baik dengan sesama  rekan  kerja.  Menurut  Nitisemito (dalam Simmamora, 2016), perusahaan hendaknya dapat mencerminkan kondisi yang mendukung kerja sama antara atasan dan bawahan maupun sesama rekan kerja. Kondisi yang hendaknya diciptakan adalah suasana kekeluargaan, komunikasi yang baik dan pengendalian diri. Dapat disimpulkan bahwa jika terciptanya suasana kekeluargaan, keharmonisan dan komunikasi yang baik antar karyawan maka setiap karyawan akan lebih bersemangat dalam bekerja.

Sekian artikel Universitas Psikologi tentang (Ringkasan) Hubungan Antara Lingkungan Kerja dengan Motivasi Kerja. Semoga bermanfaat.

Daftar Pustaka

  • Farlen, Frans. 2011. Pengaruh Motivasi Kerja dan Kemampuan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta.
  • Rezita, Revi. 2012. Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Motivasi Kerja Karyawan di Bank Jatim Cabang Utama Surabaya. Jurnal. Fakultas Pendidikan Administrasi Perkantoran Universitas Negeri Surabaya.
  • Sedarmayanti. 2011. Tata Kerja dan Produktifitas Kerja. Bandung: Penerbit Mandar Maju.
  • Simamora. Winarta, Hendra. 2016. Pengaruh Lingkungan Kerja Fisik dan Non Fisik Terhadap Motivasi Kerja Karyawan (Studi Pada Karyawan Hotel Atria & Konferensi Malang). Jurnal. Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya.
  • Sutrisno, Edy. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Berlangganan artikel terbaru via email:

0 Response to "(Ringkasan) Hubungan Antara Lingkungan Kerja dengan Motivasi Kerja"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel