Sejarah Psikologi Perkembangan dan Pengertian Menurut Para Ahli

Sejarah Psikologi Perkembangan dan Pengertian Menurut Para Ahli - Dalam pembahasan artikel psikologi ini Universitas Psikologi akan membahas seperti apa sejarah dalam psikologi perkembangan itu bermula. Bahasan ini akan disertai dengan teori-teori dan metode psikologi perkembangan, semoga anda dapat memahami dan mengerti. Psikologi merupakan suatu disiplin ilmu yang mempelajari tentang perilaku manusia, karenanya manusia menjadi objek utama kajiannya.

Manusia memang makhluk yang unik, setiap individu memiliki keunikan tersendiri dan keunikan tersebut yang membuatnya berbeda dengan individu lainnya. Keunikan individu tetap terlihat meskipun pada kasus kembar identik, yang membedakannya satu sama lain. Fenomena bahwa masing-masing individu memiliki keunikan tersendiri memunculkan pertanyaan, apa yang membuat individu satu dengan lainnya berbeda? Pertanyaan ini menggiring pada berbagai macam observasi dan penelitian mengenai perkembangan manusia.

Psikologi perkembangan merupakan suatu divisi dari psikologi. Fokus utama Psikologi Perkembangan adalah menjawab berbagai pertanyaan mengenai perbedaan individual dan bagaimana proses perubahan perilaku individu sepanjang waktu. Proses perubahan tersebut merupakan sebuah rangkaian dari masa konsepsi sampai masa lanjut usia.
Sejarah Psikologi Perkembangan dan Pengertian Menurut Para Ahli
image source: www(dot)partyforfreedom(dot)org(dot)au
Baca juga: Perspektif Agama Menghadapi Masa Kematian
Para peneliti dan ilmuan yang tertarik mengkaji perkembangan manusia melakukan observasi ilmiah dan penelitian mengenai perubahan individu dari masa ke masa. Karena perubahan individu (manusia) lebih banyak terjadi pada masa bayi, kanak-kanak menuju masa remaja sehingga penelitian mengenai perkembangan manusia fokus pada masa tersebut. Di awal perkembangannya fokus penelitian tertuju pada perkembangan anak yang disebut “Child Study Movement".

Pada masa selanjutnya life span perspective mulai memasuki kajian psikologi perkembangan. Life span perspective muncul karena perkembangan individu ternyata tidak berhenti pada masa remaja saja. Perkembangan dari masa remaja ke masa lanjut usia bukanlah sesuatu yang statis, melainkan dinamis dan memiliki karakteristik tersendiri baik dalam aspek kognitif, biologis, emosi dan psikososial. Oleh karena itu psikologi perkembangan mengkaji perubahan perkembangan individu dari masa konsepsi sampai lanjut usia dan fase menghadapi kematian.

Sejarah Psikologi Perkembangan

Psikologi Perkembangan mengalami tiga periode besar dalam sejarah perkembangannya (Knight & L.Lee, 2008). Pada awal periode perkembangannya Psikologi Perkembangan fokus dalam penelitian pada bayi dan anak-anak, periode ini terjadi pada tahun 1894-1904. Anak-anak merupakan objek penelitian dan pembahasan utama dalam psikologi perkembangan melalui observasi alamiah, karenanya pada periode awal disiplin ilmu ini disebut dengan “Child Study Movement”. Selanjutnya pada periode kedua psikologi perkembangan berkembang dari observasi alamiah anak-anak menjadi observasi yang lebih terstruktur.

Pada periode kedua yang berlangsung tahun 1917-1950 dimana observasi terhadap anak sudah melibatkan ilmu psikometri dan telah dibuat standar atau norma perkembangan anak secara umum. Periode ketiga (1960-sekarang), merupakan periode semakin luasnya area Psikologi Perkembangan yang di kaji. Pada periode ini “life span Perspektif” mulai masuk dalam psikologi perkembangan dimana perkembangan tidak hanya di kaji dari mulai bayi sampai dewasa, namun perkembangan di kaji sampai lansia bahkan kematian.

Metode Penelitian Psikologi Perkembangan

Psikologi perkembangan mengamati proses perubahan perilaku dari masa ke masa, dalam penelitiannya terdapat tiga metode yang dapat di gunakan, yaitu:
  • Metode longitudinal, yaitu metode penelitian dimana individu atau kelompok di amati/di ukur dalam rentang periode tertentu. 
  • Metode cross-sectional, yaitu suatu metode penelitian debgan memilih individu/kelompok yang memiliki karakteristik tertentu (representatif) dengan tema penelitian. 
  • Metode sequential, yaitu metode penelitian yang menggabubgkan metode longitudinal dan cross sectional.

Gambar Metode Penelitian dalam Psikologi Perkembangan

Sejarah Psikologi Perkembangan dan Pengertian Menurut Para Ahli

Isu-isu dalam Psikologi Perkembangan

Isu-isu penting dalam psikologi Perkembangan sangat penting untuk kita fahami sebelum kita membahas teori-teori dalam Psikologi perkembangan. Isu ini menitikberatkan perspektif perkembangan yang terdapat dalam setiap mekanisme dan teori perkembangan,. Dengan memahami isu-isu perkembangan kita dapat mengerti perbedaan sudut pandang teoris yang tertuang dalam teorinya merupakan sebuah keragaman yang saling melengkapi. Isu-isu tersebut antara lain;

1. Coninuous VS Discontinuos
Continous: perkembangan terjadi secara berkelanjutan, bukan sebagai tahapan- tahapan.
Discontinous: Ada tahapan-tahapan yang berbeda dalam masa perkembangan. Setiap tahapan mempunyai batasan yang jelas.

2. General VS Spesific
General: Satu teori dapat menjelaskan semua aspek tingkah laku.
Spesific: Teori yang fokus menjelaskan satu aspek tertentu dari tingkah laku.

3. Heredity VS Environment
Heredity: Faktor bawaan (biologis) memberikan peran dominan pada perkembangan (nature).
Environment: Lingkungan berperan dominan dalam perkembangan (nurture).

Teori-teori dalam Psikologi Perkembangan

Dalam Psikologi Perkembangan terdapat lima grand theory yang menjelaskan tentang perilaku manusia, masing-masing teori tersebut melihat perkembangan dari perpektif yang berbeda-beda. Perbedaan perspektif tersebut membuat semakin kaya kajian dan alat untuk mempelajari proses perubahan perilaku individu.

Sejarah Psikologi Perkembangan dan Pengertian Menurut Para Ahli

Lima Grand Teori dalam Psikologi Perkembangan tersebut adalah, Teori Kognitif, Behaviorisme, Pemrosesan Informasi, Sociocultural, dan Psikoanalisis. Masing-masing teori memiliki kelebihan dan kelemahan. Dalam mata kuliah ini kita akan membahas masing-masing teori tersebut dengan tokoh-tokoh nya. Dalam mata kuliah psikologi perkembangan I ini kita akan membahas teori perkembangan kognitif Piaget, Psikoanalisis Freud, Sociocultural vygotsky dan Bronfenbrenner, pemrosesan informasi dsb.

Dalam setiap pembahasan Teori, perlu kita tekankan untuk fokus dalam pembahasan teori tertentu agar kita dapat memahami dengan seksama bagaimana mekanisme perkembangan individu menurut masing-masing teori. Sejatinya tidak ada teori yang dapat menjelaskan seluruh aspek perkembangan manusia, karena setiap teori memiliki keterbatasan masing-masing. Meskipun dalam setiap pembahsan teori fokus terhadap teori tertentu, namun dalam aplikasi dan pemecahan kasus perkembangan kita dapat menggabungkan teori-teori tersebut guna mendapat penjelasan yang menyeluruh mengenai sebuah fenomena.

Teori Perkembangan

Berikut ini adalah Teori Psikologi Perkembangan yang akan kita bahas dalam semester ini, pembahasan meliputi latar belakang teori, Biografi teoris, struktur kepribadian, mekanisme perkembangan serta kelebihan dan kelemahan masing-masing teori.
  • Teori Psikoanalisis Freud 
  • Teori Psikososial Erikson 
  • Behaviorisme dan teori belajar: Skinner, Pavlov , Bandura. 
  • Behaviorisme dan teori belajar: Skinner, Pavlov , Bandura 
  • Teori Perkembangan Kognitif Piaget 
  • Teori Perkembangan Vygotsky 
  • Teori Pemrosesan Informasi 
  • Etiologi 
  • Teori Bronfenbrenner 
  • Tahapan Pranatal 
  • Infancy 
  • Toodlerhood 
  • Early Childhood 
  • Middle Childhood 

Sekian artikel Universitas Psikologi tentang Sejarah Psikologi Perkembangan dan Pengertian Menurut Para Ahli. Semoga bermanfaat.

Berlangganan artikel terbaru via email:

0 Response to "Sejarah Psikologi Perkembangan dan Pengertian Menurut Para Ahli"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel