Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Stres Akademik, Sumber Stress Akademik, dan Faktornya Menurut Para Ahli

Pengertian Stres Akademik, Sumber Stress Akademik, dan Faktornya Menurut Para Ahli - Persoalan akademik akan selalu disibukkan dengan segala macam aktivitas seperti tugas, praktek, dan lainnya. Namun, jangan salah hal itu bisa memicu stres loh? Namanya adalah stres akademik, pada tulisan di bawah ini universitaspsikologi.com akan menjelaskan pengertian stres akademik, sumber stresnya, dan faktor stresnya menurut ahli, silahkan disimak.

Pengertian Stres Akademik

Lin dan Chen (2009) menyampaikan bahwa stres akademik adalah suatu keadaan dimana terdapat permasalahan akademik, rasa frustasi dan permasalahan di kampus yang disebabkan oleh ketidakmampuan individu dalam menyesuaikan diri dan tidak bahagia. Stres akademik bersumber dari interaksi antara guru dengan siswa, kecemasan terkait hasil belajar yang diperoleh, ujian atau tes yang akan dihadapi, proses belajar dalam kelompok, pengaruh teman sebaya dalam proses akademik, kemampuan dalam memanajemen waktu, serta persepsi individu terkait kemampuan belajarnya yang mempengaruhi kinerja akademik yang ditampilkan (Lin & Chen, 2009). 

Kaddapati dan Vijayalaxmi (2012) mengungkapkan stres akademik merupakan hasil dari kombinasi tuntutan akademis yang melebihi kemampuan yang dimiliki seorang individu. Stres akademik diartikan sebagai suatu keadaan dimana individu mengalami tekanan yang merupakan hasil dari persepsi dan penilaian tentang stresor akademik, yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan dan pendidikan di perguruan tinggi (Govaerst & Grefoire, 2004).

Carveth (1996) mengemukakan bahwa stres akademik merupakan persepsi siswa terhadap banyaknya pengetahuan yang harus dikuasai dan persepsi terhadap ketidakcukupan waktu untuk mengembangkannya. Kemudian Busari (2014) juga mengungkapkan bahwa stres akademik terjadi ketika individu berhadapan dengan sebuah situasi yang merasa bisa dihadapi namun tidak dapat diselesaikan atau diatasi.

Pengertian Stres Akademik, Sumber Stress Akademik, dan Faktornya Menurut Para Ahli
Teori Stres Akademik

Baca juga: Apa Arti Interaksi Sosial?

Berdasarkan penjabaran di atas, dapat disimpulkan bahwa stres akademik adalah keadaan tertekan karena tuntutan dan beban akademik yang melebihi kemampuan individu yang tidak dapat diatasi oleh individu tersebut.

Sumber Stres Akademik

Lin dan Chen (2009) menjelaskan bahwa stres akademik bersumber pada beberapa hal antara lain:

1. Stres dari Pengajar

Stres dari pengajar merupakan stres yang disebabkan oleh materi-materi pengajaran, metode pengajaran dan tugas-tugas.

2. Stres dari Hasil

Merupakan stres dari orang tua, meliputi konflik antara harapan dan pikiran, serta gagal dalam perkuliahan.

3. Stres dari Ujian

Stres yang disebabkan oleh kekhawatiran tentang bagaimana persiapan menghadapi tes, dan mengulan beberapa mata kuliah wajib.

4. Stres dari Belajar Kelompok

Stres yang bersumber dari menyampaikan tugas, belajar kelompok dan lainlain.

5. Stres dari Teman Sekelas

Termasuk ke sumber ini adalah persaingan akademik, gangguan teman sekelas dan lain-lain.

6. Stres dari Managemen Waktu

Stres yang bersumber pada kegiatan sosial dan organisasi mahasiswa, managemen waktu dan beberapa pilihan.

7. Stres dari Diri Sendiri

Stres ini disebabkan oleh ekspektasi diri dan ketertarikan dalam pemilihan tugas-tugas.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Stres Akademik

Menurut Cooper dan Davidson (1991), beberapa faktor yang mempengaruhi stres akademik antara lain:

1. Faktor Internal

Faktor internal yang mempengaruhi stres akademik bersumber dari diri atau pribadi individu seperti kepribadian, locus of control, dan efikasi diri.

2. Faktor Eksternal

Faktor eksternal yang mempengaruhi munculnya stres akademik pada individu seperti faktor lingkungan rumah, lingkungan belajar dan lingkungan masyarakat.

Sekian artikel Universitas Psikologi tentang Pengertian Stres Akademik, Sumber Stress Akademik, dan Faktornya Menurut Para Ahli. Semoga bermanfaat.

Universitas Psikologi
Universitas Psikologi Media belajar ilmu psikologi terlengkap yang berisi kumpulan artikel dan tips psikologi terbaru hanya di universitaspsikologi.com | Mari kita belajar psikologi dengan cara yang menyenangkan.

Posting Komentar untuk "Pengertian Stres Akademik, Sumber Stress Akademik, dan Faktornya Menurut Para Ahli"

Berlangganan