Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teori Penggunaan Smartphone Bermasalah Menurut Para Ahli

Teori Penggunaan Smartphone Bermasalah Menurut Para Ahli - Sepertinya teknologi di zaman saat ini sudah menjadi kebutuhan utama bagi manusia baik dalam berkomunikasi ataupun untuk keperluan lainnya. Seperti smartphone yang dibutuhkan oleh manusia baik untuk komunikasi maupun mereka sesuatu baik secara tulisan, suara, dan video. Kali ini universitaspsikologi.com akan memapaparkan teori dari beberapa ahli psikologi mengenai penggunaan smartphone bermasalah. Silahkan dibaca pada tulisan di bawah ini.

Pengertian Penggunaan Smartphone Bermasalah 

Bianchi dan Phillips (2005) mendefinisikan penggunaan smartphone bermasalah sebagai suatu masalah penggunaan smartphone yang dapat dikaitkan dengan suatu perilakunpenggunaan teknologi secara berlebihan. Menurut Billieux (2012), penggunaan smartphone bermasalah berhubungan dengan perilaku yang mencakup ketidakmampuan untuk mengatur penggunaan smartphone oleh seseorang, yang mengakibatkan banyak konsekuensi negatif dalam kehidupan sehari-hari, termasuk gejala ketergantungan, masalah sosial, masalah perilaku, dan masalah afektif dalam kehidupan seorang individu. Pedrero dan Rodriguez (dalam Fernandez, Serano, Blanxart, & Gibson, 2014) menyatakan bahwa penggunaan smartphone bermasalah ditandai dengan perilaku ketidakmampuan meregulasi penggunaan smartphone dan menghasilkan kosekuensi negatif, masalah sosial, masalah perilaku, dan masalah afektif di kehidupan seseorang.

Berdasarkan beberapa pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa penggunaan smartphone bermasalah merupakan penggunaan berlebihan akibat ketidakmampuan mengatur penggunaan smartphone, yang dapat menyebabkan berbagai masalah dan konsekuensi negatif dalam kehidupan seseorang.

Teori Penggunaan Smartphone Bermasalah
Teori Penggunaan Smartphone Bermasalah
Baca juga: Apa yang Dimaksud dengan Self Compassion?

Aspek-aspek Penggunaan Smartphone Bermasalah

Bianchi dan Phillips (2005) mengemukakan enam aspek penggunaan smartphone bermasalah, yaitu:

1) Tolerance

Proses dimana meningkatnya jumlah aktivitas, dalam hal ini penggunaan yang dibutuhkan untuk mencapai suatu efek yang sama seperti yang dialami sebelumnya. Seseorang yang berlebihan dalam penggunaan smartphone pastinya tidak akan berhenti menggunakan secara terus-menerus sampai mereka merasa puas dan penggunaanya akan selalu meningkat.

2) Escape from other problems

Suatu proses dimana seseorang mengalihkan masalah dengan melarikan diri pada suatu hal yang menyenangkan. Contohnya ketika seseorang mengalami masalah, orang tersebut mengalihkan masalah tersebut dengan menggunakan smartphone. Dari penggunaan smartphone tersebut, orang itu merasa tenang dan lari dari masalahnya.

3) Withdrawal

Suatu perasaan tidak menyenangkan yang terjadi ketika suatu aktivitas atau perilaku dikurangi atau dihentikan. Contohnya ketika penggunaan smartphone dikurangi atau tidak dilanjutkan.

4) Craving

Suatu perasaan dimana seseorang memiliki keinginan dari satu kebutuhan dalam menggunakan smartphone untuk meringankan perasaan negatif yang dimilikinya.

5) Negative Life Consequences

Suatu konsekuensi negatif dalam kehidupan yang disebabkan oleh penggunaan smartphone dan dipengaruhi oleh salah satu faktor secara tidak langsung seperti pengurangan waktu yang dialokasikan untuk kegiatan lain, kehilangan minat, dan mengabaikan gangguan di bidang keluarga, pekerjaan atau keuangan.

6) Social Motivation

Motivasi sosial merupakan motivasi seseorang dalam menggunakan smartphone.

Faktor-faktor Penggunaan Smartphone Bermasalah

Grote, Kothgassner, dan Felnhofer (2019) menemukan beberapa faktor yang berkaitan dengan penggunaan smartphone bermasalah, yaitu:

a. Jenis Kelamin

Penelitian terdahulu telah mengidentifikasi bahwa jenis kelamin perempuan lebih berisiko dalam penggunaan smartphone bermasalah. Perempuan lebih banyak menghabiskan waktu membuka jejaring sosial dan bertukar pesan, sedangkan laki-laki lebih tertarik untuk bermain video game dan melakukan aktivitas lain.

b. Umur

Remaja lebih berisiko terhadap penggunaan smartphone bermasalah.

c. Durasi penggunaan smartphone

Tingginya frekuensi penggunaan smartphone dan tingginya durasi penggunaan harian smartphone berhubungan dengan penggunaan smartphone bermasalah.

d. Pola penggunaan smartphone

Remaja yang mengalami penggunaan smartphone bermasalah banyak menghabiskan waktu pada jejaring sosial atau aplikasi pesan online pada smartphone dan menggunakan smartphone lebih sering untuk berkomunikasi.

e. Kepribadian individu

Karakteristik personal individu dapat mempengaruhi penggunaan smartphone bermasalah. Misalnya individu yang memiliki self esteem yang rendah dan memiliki kepribadian ekstraversi yang tinggi berhubungan dengan penggunaan smartphone bermasalah.

Sekian artikel Universitas Psikologi tentang Teori Penggunaan Smartphone Bermasalah Menurut Para Ahli. Semoga bermanfaat.

Universitas Psikologi
Universitas Psikologi Media belajar ilmu psikologi terlengkap yang berisi kumpulan artikel dan tips psikologi terbaru hanya di universitaspsikologi.com | Mari kita belajar psikologi dengan cara yang menyenangkan.

Posting Komentar untuk "Teori Penggunaan Smartphone Bermasalah Menurut Para Ahli"