Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Antara Kepemimpinan dan Manajemen Menurut Para Ahli

Kepemimpinan dengan Manajemen - Perbedaannya Menurut Para Ahli - Halo semuanya sahabat psikologi, inilah perbedaan antara kepemimpinan dengan manajemen yang akan dibahas Universitas Psikologi pada artikel ini.

Kepemimpinan dan manajemen merupakan dua terminologi yang berbeda secara prinsip. Bennis dan Nanus (dalam Munandar 2005) melihat perbedaan yang mendasar antara kepemimpinan dan manajemen.Leading adalah influencing, guiding in direction, course, action, dan opinion; sedangkan to manage berarti to bring abaout, to accomplish, to have charge of or responsibility for, to conduct. Kepemimpinan lebih berhubungan dengan efektivitas, sedangkan manajemen lebih berhubungan dengan efisiensi.

“Managers are people who do things right, and leaders are people who do the right thing.” (Bennis and Nanus, 1985 p.21) -- “manajer adalah orang yang melakukan segala sesuatunya dengan baik dan pemimpin adalah orang yang melakukan hal yang benar”.
Kepemimpinan dengan Manajemen - Perbedaannya Menurut Para Ahli
image source: ronalvesteffer(dot)com
Baca juga: Pengertian Pelatihan dan Pengembangan
Rost (1992): Management is an authority relationship that exist between a manager and subordinates to produce and sell goods and service. Leadership is a multidirectional influence relationship between a leader and followers influence each other as they interact in noncoercive ways to decide what changes they want to make.

Manajement sebagai hubungan wewenang yang ada antara manager dengan bawahannya untuk memproduksi dan menjual barang serta jasa. Kepemimpinan sebagai hubungan pengaruh ke berbagai arah (interaksi tanpa unsur pemaksaan) antara pemimpin dan bawahannya yang mempunyai tujuan yang sama dalam mencapai perubahan yang sebenarnya.

Berikut ini diuraikan perbedaan antara pemimpin dan manajer:

Seorang pemimpin:

Menghargai fleksibilitas, inovasi, dan adaptasi
Memperhatikan apa yang menjadi makna penting bagi banyak orang dan berusaha untuk mencari kesepakatan akan hal-hal penting yang perlu dilakukan.

Seorang manajer:

Menghargai stabilitas, keteraturan dan efisiensi
Memperhatikan bagaimana sesuatu diselesaikan dan berusaha membuat orang dapat melakukannya dengan lebih baik.

Perbedaan Manajemen Dan Kepemimpinan Menurut Kotter:
ManajemenKepemimpinan
Menetapkan sasaran operasional, membuat rencana tindakan berdasarkan jadwal, dan mengalokasikan sumber dayaMenyusun visi masa depan dan strategi untuk membuat perubahan yang dibutuhkan.
Mengorganisasi dan menugaskan (menentukan struktur, menugaskan orang ke berbagai pekerjaan)Mengkomunikasikan dan menjelaskan visi
Memantau hasil dan menyelesaikan masalahMemotivasi dan memberi inspirasi kepada orang lain untuk mencapai visi itu
Pada hakikatnya kepemimpinan dan manajemen saling melengkapi dan menyempurnakan. Kepemimpinan merupakan sesuatu yang penting bagi manajer. Para manajer sebagai pimpinan bagi para bawahannya seyogyanya adalah pemimpin, sehingga tujuan dan sasaran kerja mencapai efektivitas dan efisiensi optimal. Demikian sebaliknya, pemimpin yang memiliki kemampuan bekerja seperti manajer akan mampu membawa roda kehidupan pribadi dan organisasi yang dipimpinnya bisa mencapai batas optimal.

Teori-teori kepemimpinan dengan demikian dapat diterapkan dalam manajemen. Dalam hal ini manajemen dapat dianggap sebagai kepemimpinan dalam organisasi. Munandar (2005) menjelaskan bahwa kepemimpinan merupakan pengertian yang meliputi segala macam situasi yang dinamis berikut: (a) seorang manajer sebagai pemimpin yang mempunyai wewenang untuk memimpin, (b) bawahan yang dipimpin membantu manajer sesuai dengan tugas masing-masing, dan (c) tujuan atau sasaran yang harus dicapai oleh manajer bersama-sama bawahannya.

Sekian artikel Universitas Psikologi tentang Kepemimpinan dengan Manajemen - Perbedaannya Menurut Para Ahli. Semoga bermanfaat.
Universitas Psikologi
Universitas Psikologi Media belajar ilmu psikologi terlengkap yang berisi kumpulan artikel dan tips psikologi terbaru hanya di universitaspsikologi.com | Mari kita belajar psikologi dengan cara yang menyenangkan.

Posting Komentar untuk "Perbedaan Antara Kepemimpinan dan Manajemen Menurut Para Ahli"