Pengertian Psikologi Komunikasi dan Komunikasi Efektif Menurut Para Ahli

Pengertian Psikologi Komunikasi dan Komunikasi Efektif Menurut Para Ahli - Sejarah perkembangannya, Komunikasi dibesarkan oleh peneliti psikologi bernama Wilbur Schramm. Sebagai ilmu komunikasi dipelajari berbagai macam disiplin antara lain sosiologi dan psikologi.

Dance mendefinisikan komunikasi dari perspektif psikologi behaviorisme, Dance memandang komunikasi sebagai sebagai usaha menimbulkan respon melalui lambang-lambang verbal.

Colin Cherry (1957) mendefinisikan komunikasi sebagai usaha untuk membuat suatu satuan sosial dari individu dengan menggunakan bahasa atau tanda. Aturan bersama yg dimiliki untuk mencapai berbagai tujuan.

George A Miller juga mendefinisikan psikologi sebagai ilmu yg berusaha untuk menguraikan, prediksi, dan mengendalikan peristiwa mental dan perilaku (behavioral).
Pengertian Psikologi Komunikasi dan Komunikasi Efektif Menurut Para Ahli
image source: socialpresence(dot)me
Baca juga: Jenis dan Dampak Media Sosial

Pengertian Psikologi Komunikasi

Psikologi komunikasi itu apa? Perilaku (kognitif, afektif, psikomotorik, motivasi, intensi, persepsi dlll) interaksi psiko-sosial yang mendasar dari seseorang, ketika terjadinya proses penyampaian dan pemaknaan symbol-symbol dalam berbagai konteks dengan tujuan transmisi informasi, untuk mencapai stabilitas atau perubahan perilaku individu dan kelompok.

Maulana (2013) memandang psikologi komunikasi sebagai ilmu yg berusaha menguraikan, meramalkan, dan mengendalikan peristiwa mental dan perilaku dalam komunikasi.

Tanda-Tanda Komunikasi Berlangsung Secara Efektif Stewart L Tubbs dan Sylvia Moss (1974) (Maulana dan Gumelar, 2013):
  • Pengertian: penerimaan yang cermat dari sisi stimuli seperti yang dimaksud oleh komunikator. Kegagalan menerima isi pesan secara cermat disebut kegagalan komunikasi primer. 
  • Kesenangan:Tidak semua komunikasi ditujukan untuk menyampaikan informasi dan membentuk pengertian. Adapula komunikasi yang lazim disebut komunikasi fatis (phatic communication) yang dimaksudkan untuk menimbulkan kesenangan. Komunikasi inilah yang menjadikan hubungan kita hangat, akrab, dan menyenangkan. 
  • Mempengaruhi Sikap: komunikasi bertujuan untuk saling mempengaruhi satu sama lain (Komunikasi persuasi). Komunikasi ini memerlukan pemahaman tentang faktor-faktor pada diri komunikator, dan pesan yang menimbulkan efek pada komunikan. Persuasi> proses mempengaruhi pendapat, sikap, dan tindakan orang dengan manipulasi psikologis seseorang shingga bertindak seperti atas kehendaknya yng mempersuasi. 
  • Hubungan Sosial yang Baik: Sebagai makhluk sosial, manusia mempunyai daftar kebutuhan sosial yang akan menumbuhkan dan mempertahankan hubungan yang memuaskan dengan orang lain dalam hal interaksi dan asosiasi (inclusion), pengendalian dan kekuasaan (control), dan cinta & kasih sayang (affection). Kebutuhan sosial ini hanya bisa dipenuhi dengan komunikasi interpersonal yang efektif. 
  • Tindakan: tindakan atau perilaku mrpkn indikator untuk mengukur seberapa besar efektivitas yang terjalin selama komunikasi berlangsung karena untuk menimbulkan tindakan, kita harus berhasil terlebih dahulu menanamkan pengertian, membentuk dan mengubah sikap atau menumbuhkan hubungan yang baik. Tindakan adalah hasil kumulatif seluruh proses komunikasi.

Sekian artikel Universitas Psikologi tentang Pengertian Psikologi Komunikasi dan Komunikasi Efektif Menurut Para Ahli. Semoga bermanfaat.

Daftar Pustaka

  • West, R. & Turner, H. L. 2012. Introducing Communication Theory.ANALYSIS AND APPLICATION. The McGraw-Hill Companies, Inc. 
  • Maulana, H & Gumelar, G. 2013. Psikologi Komunikasi. Akademia Permata.

Berlangganan artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Psikologi Komunikasi dan Komunikasi Efektif Menurut Para Ahli"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel