Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian dan Fungsi Utama Atensi Menurut Para Ahli

Pengertian dan Fungsi Utama Atensi Menurut Para Ahli - Artikel psikologi ini membahas tentang atensi dan kesadaran pada manusia. Definisi atensi dan kesadaran, proses-proses yang terjadi pada atensi dan kesadaran, gangguan atensi, serta kaitan atensi dan kesadaran dengan neurosains kognitif. Melalui artikel ini diharapkan dapat mengenal dan memahami mengenai atensi dan kesadaran, proses-proses yang terjadi pada atensi dan kesadaran, gangguan atensi, serta kaitan atensi dan kesadaran dengan neurosains kognitif, serta dapat memahami atensi dan kesadaran yang dialami dalam kehidupan sehari-hari.
Pengertian dan Fungsi Utama Atensi Menurut Para Ahli
image source: www(dot)spring(dott)org(dot)uk
Baca juga: Penjelasan Tentang Persepsi dan Proses Terbentuknya

Pengertian dan Proses Atensi - Kesadaran

Atensi adalah cara-cara kita secara aktif memproses sejumlah informasi yang terbatas dari sejumlah besar informasi yang disediakan oleh indra, memori yang tersimpan, dan oleh proses-proses kognitif kita yang lain. (lihat gambar)

Atensi mencakup proses-proses sadar maupun bawah sadar → proses sadar relatif lebih mudah dipelajari, sementara proses bawah sadar lebih sulit karena tidak disadari oleh individu

Pengertian dan Fungsi Utama Atensi Menurut Para Ahli

Penjelasan Gambar:

Misalnya saat kita merasakan sensasi memakan gado-gado untuk pertama kali (indra pengecap melakukan sensasi) kita teringat dengan jenis makanan serupa yang pernah kita makan sebelumnya yaitu pecel (memori) kita kemudian mulai membandingkan komposisi pecel dan gado-gado (proses berfikir) → kegiatan ini merupakan salah satu contoh terjadinya proses atensi dalam diri kita.

Kita lebih mudah mengingat informasi yang mendapatkan atensi kita ketimbang informasi yang kita abaikan. Contohnya, kita mampu mengingat informasi yang kita lihat di tv saat kita menyimak dengan seksama (memberi antensi), sementara saat kita melakukan kegiatan lain sembari menonton tv, atensi kita teralih dan kita tidak mampu mengingat informasi yang terdapat di tv.

Kesadaran mencakup perasaan tentang apa yang disadari maupun isinya, yang darinya bisa kita gunakan untuk memfokuskan atensi. Oleh karena itulah atensi dan kesadaran membentuk dua sistem operasi yang kesannya tumpang tindih.

Dahulu psikolog yakin atensi sama dengan kesadaran, namun sekarang mereka menemukan bahwa sejumlah pemrosesan atensi yang aktif terhadap pemrosesan indrawi, informasi yang diingat-ingat dan informasi kognitif, bisa berjalan diluar kesadaran kita. Contoh: pada saat ini anda dapat menyetir sambil secara sadar melakukan aktivitas yang lain, misal mengobrol, meskipun hal ini tidak dapat dilakukan jika anda tidak sadar sepenuhnya.

Namun demikian, keuntungan yang diperoleh dari atensi akan semakin besar kalau kita manjadikan proses-prosesnya disadari. Atensi yang disadari mengandung 3 tujuan bagi kognisi, yaitu:
  • Atensi membantu pemonitoran interaksi-interaksi kita dengan lingkungan. Melalui pemonitoran kita mempertahankan kesadaran tentang seberapa baiknya kita beradaptasi dengan lingkungan kita. Contoh, saat kita berada dalam kelas, kita memiliki kemampuan untuk bertahan duduk dan berperilaku berbeda seperti saat kita sedang di tengah pesta. Hal itu terjadi karena kita memberi atensi pada situasi dan interaksi kita di tengah lingkungan.
  • Atensi membantu kita mengaitkan masa lalu (memori) dan masa kini (pencerapan), memberikan kita pemahaman tentang kontinuitas pengalaman. Contoh, saat menonton serial sinetron di tv, seseorang mampu mengaitkan cerita dari episode baru yang sedang ia tonton dengan episode sebelumnya karena ia memberi atensi terhadap sinetron tersebut.
  • Atensi membantu kita mengntrol dan merencanakan tindakan-tindakan ke depan. Kita dapat melakukannya berdasarkan informasi yang kita peroleh dari pemonitoran dan pengaitan memori masa lalu dan pencerapan masa kini. Contoh: kita mampu melakukan tugas yang diberikan oleh atasan kita.


Pemrosesan Ambang Sadar

Beberapa informasi yang berada di luar kesadaran alam sadar masih dapat diakses alam sadar, minimal proses-proses kognitifnya. Informasi bagi pemrosesan kognitif yang letaknya diluar kesadaran alam-sadar ini bertempat di wilayah yang disebut ambang sadar.

Informasi ambang sadar mencakup memori-memori yang tersimpan namun tidak digunakan setiap waktu kecuali dibutuhkan. Contoh, jika ditanya apakah anda bisa mengingat tatanan kamar tidur anda.

Informasi ambang sadar juga mencakup informasi pencerapan indrawi, contoh; pencerapan yang sedang dirasakan telinga anda saat anda fokus membaca.

Pertandaan atau priming terjadi ketika pengenalan terhadap stimuli tertentu dipengaruhi oleh presentasi sebelumnya dari stimuli yang sama atau mirip (Neely).

Fenomena di ujung lidah adalah fenomena ketika kita mengalami kesulitan menarik informasi ambang sadar menuju kesadaran alam sadar.

Persepsi ambang sadar juga bisa ditemukan pada orang yang mengalami lesi di wilayah korteks visual. Biasanya pasien mengalami kondisi seperti kebutaan di area korteks tertentu yang terluka. Namun begitu, mereka masih bisa menunjukkan fenomena penglihatan membuta yaitu sebuah kondisi yang penderita masih meiliki jejak kemampuan mempersepsi secara visual padahal area-area korteks visualnya mengalami kebutaan dan masih bisa merespin stimuli visual meskipun tidak memahami apa yang dipersepsinya.

Proses-proses Terkontrol versus Otomatis

Proses-proses terkontrol

  • Bisa diakses oleh kendali kesadaran bahkan mensyaratkan kontrol kesadaran itu sendiri.
  • Proses-proses ini dilakukan secara berkala.
  • Muncul secara berurutan, satu langkah pada satu waktu.
  • Contoh: proses belajar menyetir mobil untuk pertama kali, seseorang akan mengerahkan kesadarannya untuk melakukan setiap langkah (memasukkan kunci, menstarter mobil, menyesuaikan posisi duduk, menekan pedal kopling, gas, rem, dsb) pada satu waktu.

Proses-proses otomatis

  • Tidak melibatkan kontrol kesadaran sedikitpun.
  • Umumnya proses ini dilakukan tanpa campur tangan kesadaran alam sadar.
  • Walaupun demikian anda dapat menyadari kalau anda sedang melakukan hal tesebut.
  • Contohnya, seseorang yang sudah terbiasa menyetir mobil, maka ia akan menyetir secara otomatis

Ciri-ciri proses-proses otomatis:

  • Tersembunyi dari alam sadar
  • Tidak intensional

Otomatisasi: proses yang didalamnya terjadi perubahan prosedur tindakan berubah dari sangat disadari menjadi relatif otomatis

Analisis yang mendalam terhadap kesalahan-kesalahan manusiawi dalam proses otomatis dan terkontrol menemukan bahwa kesalahan bisa diklasifikasikan menjadi dua:

1. Kekeliruan (mistakes): kesalahan memilih suatu sasaran atau cara untuk mencapainya → biasanya melibatkan kesalahan di dalam proses-proses terkontrol yang disengaja

2. Kealpaan (slips): kesalahan melakukan cara yang dimaksudkan untuk mencapai suatu tujuan → biasanya kesalahan dalam proses-proses otomatis. Umumnya kealpaan muncul saat dua kondisi ini muncul:

Kita keluar dari proses-proses rutin dan otomatis untuk melakukan proses-proses intensional terkontol yang itdak tepat

Proses proses otomatis kita mengalami penginterupsian. Interupsi biasanya merupakan hasil dari kejadian atau data eksternal, namun terkadang juga hasil dari kejadian internal, seperti pikiran yang teralihkan.

Berikut ini jenis-jenis kealpaan yang berkaitan dengan proses-proses otomatis:
  • Kesalahan menangkap (captureerrors)
  • Terlupa (omissions)
  • Mengulang (perseverations)
  • Kesalahan deskripsi (description errors)
  • Kesalahan data (data driven errors)
  • Kesalahan aktivasi asosiatif (associative-activation errors)
  • Kesalahan karena hilangnya aktivasi (loss of activatin errors)

Habituasi dan Adaptasi

Habituasi adalah kondisi yang kita menjadi terbiasa dengan sebuah stimulus sehingga secara bertahap kita makin kurang memberikan perhatian padanya. Contohnya, saat mendengarkan bunyi detik jam didalam kamar, setelah mendengar suara detik jarum jam tersebut selama beberapa menit kita kemudian menjadi terbiasa dengan suara tersebut dan perlahan-lahan kurang memberi perhatian pada suara itu.

Dishabituasi adalah lawan dari habituasi yaitu sebuah perubahan di dalam stimulus yang dikenal mendorong kita untuk mulai memperhatikan stimulus itu lagi. Kedua proses uini berjalan otomatis, tidak melibatkan upaya sadar sedikitpun.

Adaptasi indra adalah berkurangnya atensi terhadap sebuah stimulus tetapi bukan karena keinginan dari kontrol alam sadar. Hal ini terjadi secara langsung didalam organ indera bukan di otak. Contoh: kita tidak dapat memaksakan diri kita secara sadar untuk mencium bau tubuh kita sendiri, karena hidung kita sudah terhabituasi dengan bau tersebut.

Perbedaan antara Adaptasi Indera dan Habituasi

Dalam adaptasi indra respon-respon berlangsung di dalam organ-organ indrawi
Dalam habituasi, respon-respon berlangsung di dalam otak (dan berkaitan dengan pembelajaran) → habituasi

Fungsi Atensi

Empat fungsi utama atensi:

1. Atensi terbagi

Kita mengalokasikan dengan bijak sumber-sumber daya atensi yang tersedia untuk mengoordinasikan pengerjaan lebih dari satu tugas pada waktu bersamaan. Misalnya, kita berkendara sambil mendengarkan radio dan memakan camilan.

2. Kewaspadaan dan pendeteksian sinyal

Merupakan upaya seseorang untuk mengawasi sembari berusaha mendeteksi penampakan stimulus target yang diinginkan.

Proses atensi yang mengatur pendeteksian sinyal sangat dipengaruhi oleh tingkat ekspektasi atau pengharapan akan kemunculan stimulus tertentu. Contoh, kita akan lebih waspada terhadap bunyi kentongan tukang bakso disaat kita sudah sangat lapar dan mengharapkan akan memakan bakso yang lezat.

3. Penelusuran

Penelusuran melibatkan pencarian target secara aktif dengan segenap kemampuan kita, berbeda dengan kewaspadaan yang lebih pasif menunggu kemunculan stimulus.

Penelusuran dapat menjadi sulit dengan adanya pengalih-pengalih, yaitu stimuli yang bukan target yang mengalihkan atensi. Misalnya, kita ke toko buku dan mencari buku dengan judul tertentu, namun karena banyak sekali pilihan buku yang tersedia, kita menjadi sulit mencari buku yang kita inginkan.

Untuk mengatasi kesulitan akibat adanya pengalih-alih, kita memiliki kemampuan untuk melakukan penelusuran ciri, contoh: apabila kita memiliki kenalan yang kembar, kita dapat membedakan mereka melalui ciri-ciri yang spesifik misalnya letak tahi lalat. Atau saat mencari buku di toko buku, kita dapat melakukan penelusuran dengan mengingat ciri-ciri buku yang kita inginkan, warna sampulnya, ukuran buku, tebal halaman, dll.

Namun masalah dapat muncul jika target yang kita cari tidak memiliki ciri yang unik atau menonjol sedikitpun. Misalnya, kita menaiki bus, dan barang kita tertinggal di bus tersebut, lalu kita mencari bus tersebut ke terminal dan menemukan puluhan bus yang serupa. Dalam kondisi ini, kita akan melakukan penelusuran konjugasi.

Dalam penelusuran konjugasi, kita akan melakukan pencarian berdasarkan kombinasi khusus dari ciri-ciri. Misalnya, saat menemui puluhan bus yang serupa di terminal, kita akan mencoba mencari bus dengan kombinasi ciri khusus yang telah kita ketahui, seperti apa joknya, wajah kondekturnya, dll.

Terdapat beberapa teori dalam penelusuran diantaranya:
  • Teori integrasi ciri
  • Teori kemiripan
  • Teori penelusuran terbimbing
  • Teori penyaring gerakan

4. Atensi selektif

Kita memilih untuk mengikuti sejumlah stimuli dan mengabaikan stimuli-stimuli yang lain. Misalnya saat sedang belajar, kita mengabaikan suara TV dan suara anak-anak yang sedang bermain di halaman.

Teori-teori Proses Atensi (Selektif)

Beberapa teori atensi selektif terdiri atas konsep tentang penyaringan atensi atau dikenal sebagai teori leher botol.

Dalam teori-teori leher botol ini terdapat beberapa pendapat diantaranya:
  • Pendapat pertama: proses pemblokiran atau pemfokusan sinyal terjadi setelah pencerapan indrawi (alat indra menangkap stimulus) sebelum terjadi pemrosesan persepsi. Contoh, saat mendengarkan berbagai pembicaraan di kelas, telinga kita (pencerapan indrawi) akan menyeleksi percakapan mana yang ingin kita dengarkan.
  • Pendapat kedua: mekanisme tersebut terjadi setelah pemrosesan persepsi. Contoh: saat mendengarkan berbagai percakapan di kelas, meskipun telinga kita telah difokuskan untuk mendengar percakapan teman di depan kita, namun kita masih tetap mampu menyadari dan memberi perhatian saat mendengar nama kita disebut oleh teman lain yang sedang berbincang-bincang jauh di belakang kita.

Sementara itu, Teori sumber daya atensi menjelaskan bahwa individu pada dasarnya memang sudah memiliki sejumlah sumber daya atensi yang sudah pasti, yang dialokasikan sesuai kebutuhan. Misalnya, terdapat beberapa tugas kuliah yang harus dikerjakan, maka individu tersebut akan mengalokasikan atensinya terhadap tugas-tugas tersebut sesuai kebutuhan.

Pada dasarnya kedua jenis teori (leher botol dan sumber daya atensi) memiliki kekurangan masing-masing dalam menjelaskan proses atensi, namun kedua teori tersebut dapat digunakan untuk saling melengkapi.

Sekian artikel Universitas Psikologi tentang Pengertian dan Fungsi Utama Atensi Menurut Para Ahli. Semoga bermanfaat.

Daftar Pustaka

  • Sternberg, R.J. 2008. Psikologi Kognitif edisi keempat. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
  • Solso, Robert.L., Otto H.Maclin, M. Kimberly Maclin. 2007. Psikologi Kognitif (edisi kedelapan). Jakarta :Erlangga
Universitas Psikologi
Universitas Psikologi Media belajar ilmu psikologi terlengkap yang berisi kumpulan artikel dan tips psikologi terbaru hanya di universitaspsikologi.com | Mari kita belajar psikologi dengan cara yang menyenangkan.

Posting Komentar untuk "Pengertian dan Fungsi Utama Atensi Menurut Para Ahli"