Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Pemimpin dengan Manajer Menurut Para Ahli

Perbedaan Pemimpin dengan Manajer Menurut Para Ahli - Banyak yang bertanya apa perbedaan antara pemimpin dan manajer. Untuk kali ini Universitas Psikologi khusus akan membahas dan menjelaskan perbedaan antara pemimpin dan manajer. Pembahasan kali ini anda diharapkan dapat memahami tentang pemimpin dan pengertian manajer itu sendiri. Materi yang akan disampaikan ini adalah menurut para ahli dan akan ada rujukannya. Silahkan disimak artikel di bawah ini untuk memahaminya.

Peneliti pertama yang mengambil sikap dalam masalah ini adalah Abraham Zaleznik, dengan artikel monumentalnya diterbitkan dalam Harvard Business Review tahun 1977. Zaleznik berpendapat bahwa baik pemimpin dan manajer sama-sama memberikan kontribusi yang berharga untuk sebuah organisasi dan bahwa kontribusi masing-masing peran berbeda.

Pemimpin menganjurkan perubahan dan pendekatan baru, Sedangkan manajer menganjurkan stabilitas dan status quo. Selanjutnya, sedangkan pemimpin prihatin dengan pemahaman keyakinan orang dan mendapatkan komitmen bawahan, sedangkan manajer melaksanakan tanggung jawab, wewenang latihan, dan khawatir tentang bagaimana tujuan bisa dicapai.

Baru-baru ini, John Kotter (dalam Lunenburg, 2011) dari Harvard Business School berpendapat bahwa kepemimpinan dan manajemen adalah dua sistem yang berbeda, namun saling melengkapi tindakan dalam organisasi.
Perbedaan Pemimpin dengan Manajer Menurut Para Ahli
image source: www(dot)coordinated(dot)com
Baca juga: Pengertian dan Aspek Kebahagiaan Menurut Para Ahli
Secara khusus, Kotter menyatakan bahwa kepemimpinan berbicara mengatasi perubahan, sedangkan manajemen adalah tentang mengatasi kompleksitas (Lunenburg, 2011). Menurut Kotter, proses kepemimpinan melibatkan:
  • Pengembanganvisibagi organisasi
  • Menyelaraskanorang denganvisimelalui komunikasi;
  • Memotivasi oranguntuk bertindakmelalui pemberdayaandan melaluipemenuhankebutuhan dasar.

Proses kepemimpinan menciptakan ketidakpastian dan perubahan dalam organisasi. Organisasi memberi manajer dengan kewenangan yang sah untuk memimpin, tetapi tidak ada jaminan para pemimpin mereka akan dapat memimpin secara efektif. Organisasi membutuhkan kepemimpinan yang kuat dan manajemen yang kuat untuk efektivitas yang optimal.

Di tempat kerja yang dinamis saat ini, organisasi perlu pemimpin untuk menantang status quo dan untuk menginspirasi dan membujuk anggota organisasi. Organisasi juga membutuhkan manajer untuk membantu dalam mengembangkan dan mempertahankan tempat kerja yang berfungsi dengan lancar ( Lunenburg, 2011). Di bawah ini perbedaannya menurut Lunenburg:

Perbedaan antara Pemimpin dan Manajer

KategoriPemimpinManager
Proses berpikirFokus pada orang
Tampak lahiriah
Fokus pada benda
Tampak  ke dalam
Penetapan tujuanMenjabarkan visi
Menciptakan masa depan
Melihat secara luas
melaksanakan rencana
Meningkatkan masa sekarang
Melihat secara sempit
Hubungan terhadap 
karyawan
memberdayakan
Kolega
Melihat permasalahan
Mengontrol
Bawahan
Mengarahkan & koordinat
OperasiMelakukan hal yang benar
Menciptakan perubahan
Melayani bawahan
Melakukan sesuatu dengan benar
Mengelola perubahan
Melayani superordinates
PemerintahanMenggunakan pengaruh
Menggunakan konflik
Bertindak tegas
Menggunakan otoritas
Menghindari konflik
Bertindak secara bertanggung jawab
Sekian artikel Universitas Psikologi tentang Perbedaan Pemimpin dengan Manajer Menurut Para Ahli. Semoga bermanfaat.

Daftar Pustaka

  • Baron, A. R. & Byrne, D. 2003. Psikologi Sosial. Penerbit Erlangga. Jakarta. Edisi kesepuluh.
  • Taylor, E. S., Peplau, A. L., & Sears, O. D. 2009. Psikologi Sosial. Prenada Media Group. Jakarta.
  • Lunenburg, C. F. 2011. Leadership versus Management: A Key Distinction—At Least in Theory. INTERNATIONAL JOURNAL OF MANAGEMENT, BUSINESS, AND ADMINISTRATION VOLUME 14, NUMBER 1.
Universitas Psikologi
Universitas Psikologi Media belajar ilmu psikologi terlengkap yang berisi kumpulan artikel dan tips psikologi terbaru hanya di universitaspsikologi.com | Mari kita belajar psikologi dengan cara yang menyenangkan.

Posting Komentar untuk "Perbedaan Pemimpin dengan Manajer Menurut Para Ahli"