Pengertian Psikologi Eksperimen dan Peranan Metode Eksperimen

Pengertian Psikologi Eksperimen dan Peranan Metode Eksperimen - Setelah pembalajaran artikel mengenai psikologi eksperimen ini, anda diharapkan mampu memahami pengertian psikologi eksperimen. Selain itu anda juga tahu dan mengerti peranan metode eksperimen dalam dunia keilmuan termasuk di dalam psikologi.

Apa itu Psikologi sebagai ilmu? Ciri utama ilmu adanya pemikiran ilmiah mengenai kejadian dalam kehidupan dan dapat dibuktikan melalui penelitian Ilmiah.
  • Psikologi berkembang pertama kali melalui eksperimen 
  • Wilhelm Wundt: dianggap sebagai bapak psikologi modern berkat jasanya mendirikan laboratorium psikologi pertama kali di Leipzig. 
Gelar kesarjanaan yang dimilikinya adalah dari bidang hukum dan kedokteran. Ia dikenal sebagai seorang ilmuwan yang banyak melakukan penelitian, termasuk penelitian tentang proses sensory (suatu proses yang dikelola oleh panca indera).
  • Eksperimen Pavlov terkenal dengan eksperimennya yang menghasilkan à teori Classical Conditioning. Dasar teori behaviorisme.

Major Historical Schools of Psychology:

  1. Structuralism 
  2. Functionalism 
  3. Psychoanalysis 
  4. Behaviorisme 
  5. Gestalt psychology 
Pengertian Psikologi Eksperimen dan Peranan Metode Eksperimen
image source: pshych(dot)answers(dot)com 
Baca juga: Pengertian Assesment dan Model Intervensi ACT Penyintas Bencana

Pengertian Psikologi Eksperimen

Psikologi eksperimen: salah satu cabang dari psikologi yang menitikberatkan pada penggunaan metode penelitian eksperimen dalam meneliti dan mengembangkan psikologi.

Eksperimen psikologis yaitu: observasi yang objektif terhadap suatu fenomena yang dibuat agar terjadi dalam kondisi yang terkontrol ketat, dimana satu atau lebih factor divariasikan dan faktor lain dibuat konstan (Zimley dalam Christensen, 2001)

Penelitian eksperimental yaitu penyelidikan dimana minimal salah satu variabel dimanipulasi untuk mempelajari hubungan sebab-akibat (Solso dan Maclin, 2002).

Metode penelitian adalah proses, prinsip dan prosedur yang di gunakan untuk mendekati problem dan mencari jawaban. Pendekatan umum untuk mengkaji topik penelitian.

Ditarik kesimpulan bahwa psikologi eksperimen menitik beratkan penelitian menggunakan metode eksperimen.

Peranan Metode Eksperimen

Reason For Experimentation

  • Evaluation of a Theory 
  • Satisfaction of Curiosity 
  • Demontration of new method or technique 
  • Demontration of a behavioral phenomenon 
  • Investigation of condition influencing behavioral phenomena 
Penelitian eksperimen bertujuan untuk mengevaluasi teori, teori yang sudah ada perlu senantiasa diuji kebenaran dan ke up to date annya dengan penelitian. Eksperimen efektif untuk melakukan replica penelitian sebuah teori karena faktor manipulasi dan kontrol yang ketat.

Pemilihan metode ini juga menimbulkan kepuasan terhadap rasa ingin tahu peneliti karena proses yang dilakukan pada penelitian eksperimen bisa membuktika, mereplikasi, atau menemukan hal baru.

Kemudian peneliti pun dalam proses penelitian dapat menemukan metode atau teknik baru mengenai hubungan variable bebas dan variable tergantung, seringkali peneliti dapat menemukan ide baru untuk penelitian lanjutan dari proses sebelumnya.

Peneliti dapat memaparkan fenomena perilaku tertentu melalui pengamatan kondisi yang terkontrol ketat. Perilaku yang muncul pun secara sengaja dimunculkan karena pengaruh VB. Ini memungkinkan untuk memberikan deskripsi secara proporsional.

Metode eksperimental juga memungkinkan peneliti menyelidiki fenomena perilaku yang muncul terkait latar belakang perilaku tersebut muncul.

Sekian artikel Universitas Psikologi tentang Pengertian Psikologi Eksperimen dan Peranan Metode Eksperimen. Semoga bermanfaat.

Berlangganan artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Psikologi Eksperimen dan Peranan Metode Eksperimen"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel