Gangguan Komunikasi - Pengertian dan Contoh pada Anak

Gangguan Komunikasi - Pengertian dan Contoh pada Anak - Gangguan komunikasi (Communication Disorders) adalah exceptionalities yang terganggu kemampuan pelajar di dalam menerima dan memahami informasi dari orang lain dan mengekspresikan ide mereka sendiri atau pertanyan-pertanyaan.

Gangguan ini terdiri atas dua bentuk: Speech disorders (kadang-kadang disebut expressive disorder) meliputi masalah bentuk dan rangkaian suara. Berbicara gagap dan salah mengucapkan kata, seperti mengatakan, “I taw it” untuk “I saw it”.

Languange disorder (juga disebut receptive disorders) meliputi masalah dengan pemahaman bahasa atau menggunakan bahasa untuk mengekspresikan ide-ide. Gangguan bahasa seringkali dikaitkan dengan masalah lain, seperti kerusakan pendengaran, gangguan belajar, atau retardasri mental.
Gangguan Komunikasi - Pengertian dan Contoh pada Anak
image source: mom(dot)me
Baca juga: Gangguan Perilaku dan Emosional Pada Anak
Tabel di bawah ini menunjukkan tiga macam gangguan kecepatan (speech disorder). Jika mereka kronik, seorang terapis biasanya dibutuhkan, tetapi guru yang sensitif dapat membantu pelajar mengatasi masalah emosional dan sosial yang seringkali diasosiasilan dengan mereka.

Karena mempengaruhi belajar, gangguan bahasa (languange disorder) seringkali lebih serius. Gejala dari languange disorder meliputi:
  • Jarang berbicara, meskipun selama bermain 
  • Menggunakan sedikit kata-kata atau sangat sedikit kalimatnya 
  • Sangat mengandalkan pada gerak tubuh di dalam berkomunikasi 

Penjelasan Gangguan Pendengaran

  • Articulation disorders: Kesulitan di dalam menghasilkan kata-kata tertentu, meliputi mengganti, mengubah, dan menghilangkan.Contohnya “wabbit” untuk rabbit.
  • Fluency disorder: Pengulangan dari suara pertama dari suatu kata (bicara gagap) dan masalah lain di dalam menghasilkan bicara “halus”. Contohnya “Y, Y, Y, Yes”.
  • Voice disorders: Masalah dengan pangkal tenggorokan atau suara melalui hidung atau tenggorokan. Contohnya suara yang tinggi atau berdengung.

Sebab gangguan bahasa (languange disorders) meliputi hilangnya pendengaran, kerusakan otak, gangguan belajar, retardasi mental, beberapa masalah emosional, dan ketidakseimbangan pengalaman perkembangan di dalam tahun-tahun awal anak.

Jika guru mencurigai gangguan kecepatan atau bahasa, mereka harus menerim perbedaan di dalam perhatian. Pelajar dengan gangguan komunikasi membutuhkan bantuan di dalam kecepatan dan bahasa secara khusus.

Membantu Pelajar dengan Gangguan Komunikasi

Tugas utama bagi guru bekerja dengan pelajar yang mengalami gangguan komunikasi meliputi identifikasi, menerima, dan melaksanakan pengajaran selama di kelas. Sebagaimaana exceptionalities, guru memegang peranan penting di dalam mengidentifikasi karena mereka di dalam posisi terbaik untuk menilai kemampuan komunikasi pelajar di dalam kelas.

Modeling dan memberikan dukungan adalah krusial karena sindiran dan penolakan sosial dapat menyebabkan masalah emosional yang menetap. Ini tidak mudah bagi pelajar yang erbicara secara berbeda atau siapa yang tidak dapat berkomunikasi secara lancar. Berinteraksi dengan pelajar ini, seorang guru harus sabar di dalam menghadapi masalah. Juga, kooperative untuk mempraktekkan keterampilan bahasa di dalam lingkungan informal dan lingkungan yang sedikit mengancam.

Sekian artikel Universitas Psikologi tentang Gangguan Komunikasi - Pengertian dan Contoh pada Anak. Semoga bermanfaat.

Daftar Pustaka

  • Eggen, P & Kauchak, D.P. 2004. Educational Psychology; Windows on Classrooms. 6-th ed. USA: Pearson Merril Prentice Hall 
  • Golver, A. J. Roger, H. Bruning. 1999. Educational Psychology. Boston Toronto: Little Brown Company. 
  • Santrock. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Berlangganan artikel terbaru via email:

0 Response to "Gangguan Komunikasi - Pengertian dan Contoh pada Anak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel